Gong Xi Fa Chai

2020

Gong Xi Fa Chai

Salam Sobat Harvest,

Pasti kalian sering melihat ataupun mendengar istilah gong xi fa cai baik diucapkan secara verbal ataupun tertulis. Sebenarnya apa sih gong xi fa cai itu? Apakah itu adalah nama makanan sejenis kayak Cap Cai atau mungkin sejenis minuman terkini seperti Chai Latte ?

Nah Gong Xi Fa Chai sebenarnya adalah kata-kata yang diucapkan ketika kita sedang merayakan hari raya imlek atau istilah bahasa ingrisnya Chinese New Year. “Gong Xi” yang berarti mengucapkan selamat, dan “Fa Cai” mempunyai arti “berkelimpahan rejeki”. Kalau digabung maka itu akan berarti selamat berkelimpahan rejeki di tahun yang baru.

Tahun baru imlek sendiri mempunyai sejarah yang cukup panjang. Perayaan ini sudah ada sejak 3500 tahun yang lalu, dan merupakan perayaan yang cukup penting di antara perayaan tradisional di China. Imlek pada awalnya adalah waktu untuk bersyukur dan berdoa untuk hasil panen yang berlimpah. Tapi yang paling penting di masa imlek adalah waktu dimana semua anggota keluarga berkumpul dan makan malam bersama #fellowship.

Terus apa hubungan nya imlek dengan, tarian naga, tarian singa, petasan, angpao. Nah untuk tarian naga dan singa itu sendiri adalah simbol persembahan tradisional untuk banyak rejeki dan keberuntungan. Petasan itu sendiri adalah simbol untuk menjauhkan ketidak beruntungan di tahun yang baru.

Nah kalo AngPao sendiri itu adalah ciri khas dari tahun baru imlek dimana untuk individu yang sudah menikah atau berkeluarga untuk memberikan berkat/restu kepada sanak saudara yang lebih muda atau belom menikah. Ang Pao atau disebut juga Hong Bao mempunyai arti kantong merah, dimana warna merah adalah sangat identik dengan warna perayaan imlek itu sendiri.

Jadi jangan heran kalau banyak teman2 dan saudara yang pada hari imlek memakai baju warna merah, celana merah, kaos kaki merah dan lain lain. Asal jangan muka merah saja karena kalo muka sampai merah itu adalah karena sunburn alias tidak memakai sun block hehe.

Masa imlek adalah masa yang sangatlah rawan untuk berhati hati makan, kenapakah anda pasti bertanya ?
Karena masa imlek juga identik dengan makanan yang berlimpah, beberapa makanan yang cukup banyak disajikan di waktu imlek adalah:

  • kue keranjang
  • ikan
  • ayam
  • berbagai macam mi seperti mi goreng
  • steam boat/ hot pot
  • jeruk
  • berbagai macam manisan dan asinan.

Hidangan ini biasa dihidangkan pada saat makan malam keluarga atau pada waktu tamu datang berkunjung ke rumah.

Ok sobat Harvest, semoga informasi diatas bisa membantu untuk planning ataupun untuk menambah informasi tentang imlek itu sendiri. Kami dari Harvest mengharapkan banyak rejeki dan berkat di tahun baru imlek ini buat sobat Harvest yang di Australia maupun Indonesia.

Daging ayam, daging bebek
Ga terasa udah mau imlek

Beli roti campur keju
Buruan beli baju baru

Makan bakpao make sambel
Ga kasih angpao bikin sebel

Beli barang harga cincai
Kami mengucapkan Gong Xi Fa Cai

Harvest Grocery
23 Malcolm St, South Yarra VIC 3141
(03) 8579 0321
Instagram: @harvest.asian.grocery
Facebook: Harvest Asian Grocery