Hidup Sehat

2020

Hidup Sehat

Alohaa sobat harvest,

salam 4 sehat 5 sempurna (bukan Sampoerna yah). Kali ini kita akan membahas tentang kesehatan, dimana ini adalah hal yang suangat puenting apalagi buat kalian yang tinggal jauh dari sanak keluarga.

assorted-color lear hanging decor

Kenapa tentang kesehatan ? Nah begini, Melbourne sangatlah sering di beri julukan a city with 4 seasons. So what ? Bener kan kita ada musim panas, musim dingin, musim semi, musim gugur, musim duren (eh yg ini ngaco dot com haahah). Ya well betul memang itu adalah 4 musim yang ada di kota Melbourne ini, tapi yang membuat kota ini unik adalah tak jarang di dalam satu hari kita bisa melewati ke empat musim tersebut.

gray monkey in bokeh photography

“Terus apa hubunganya 4 musim ama kesehatan nih om p4r4? ga nyambung ah.”

Jaka Sembung Bawa Golok

Ga Nyambung ….

doctor checking maps chest using stethoscope

Sabar pemirsa, begini oleh karena iklim Melbourne itu sering tidak menentu seperti hatiku (*gubrak). Tidak jarang banyak new comer student or visitor yang datang sering sakit-sakitan seperti masuk angin (enter the wind), pilek, flu, kudisan (nah kalo yang ini gara gara jorok hehehe).

“Oh gitu yah, oke oke. Terus gimana dong om p4r4 kita mesti gimana nih.”

Ok let start dengan gaya hidup. Coba angkat tangan berapa sobat harvest yang jarang/ngga perna sarapan hayo. (saya juga angkat jempol ehehe). Sebeneranya sarapan itu adalah saat makan yang paling penting dalam satu hari, karena kualitas makanan yang kita santap pada pagi hari bakalan berpengaruh besar untuk aktivitas kita pada hari itu. Jadi biasakanlah mulai hari kita dengan sarapan yang sehat yah bukan makan “internet” terus itu mah sama aja. Cobalah sarapan dengan makanan yang bergizi seperti cereal, buah-buahan, nasi juga boleh asal jangan sebakul aja yah.

*Buat yang belom ngerti apa itu “internet”, di dalam konteks ini it refers to popular indonesian instant noodle aka “Indomie” yang di hidangkan dengan sajian telur ceplok yang gurih dan sedikit korned sapi yang digoreng. ga kalah sama RAM DON yang lagi heboh Ugghh jadi laperrr

Ok lanjut nih yah, selain tentang makanan kita juga harus mempunyai gaya hidup yang sehat. Sehat itu gimana ? Perna denger ga peribahasa latin yang paling sering ditempel di tembok sekolah pada jaman bahula.

Mens Sana In Corpore Sano.

Children's Team Building on Green Grassland

Itu kalo di artikan artinya bukan ” lu maen disana, gua maen disono”. Peribahasa tersebut berarti di dalam tubuh yang sehat ada pikiran yang sehat. Nah jadi sobat harvest, cobalah imbangi kesibukan hidup kita dalam study, bekerja atau apapun itu dengan berolah raga.

“Yah om p4r4, fitness membership mahal euy.” Nah olah raga kan ga selalu di gym, Melbourne mempunyai banyak spot seperti park yang bisa kita pakai buat lari pagi, yoga atau sekedar jalan-jalan. Contoh Botanical garden, treasury garden, rose garden (Aihhh, ngaco dot com hehehe, ini mah tempet makan!!!).

Berikutnya adalah dimana kita juga harus mempunyai hygiene yang bagus. “Maksudnya apa ya hygiene ??? “. Well hygiene adalah dimana kita menjaga kebersihan kita sendiri, tempat dimana kita tinggal/hangout. Hal-hal dasar seperti cuci tangan sebelum sesudah makan, rajin membersihkan kamar / rumah tempat kita tinggal, jangan suka membiarkan piring kotor di sink. Semua itu juga akan membantu kita untuk bisa mempunyai hidup yang sehat.

Grayscale Photography of Mother and Child
tuh si dede aja tahu cuci tangan, masak kalah sih 😛

Ga kalah penting adalah waktu istirahat yang cukup. Ini juga sangat penting karena kalau tubuh kita tidak mendapat waktu istirahat yang cukup, otomatis daya tahan tubuh juga berkurang. Belum ditambah lagi dengan iklim Melbourne yang sering berubah. Biasakan tidur tepat waktu, sebisa mungkin 8 jam sehari, bukan 24 jam yah.

Close-Up Photo of Dog Sleeping

Yah memang untuk mengubah gaya hidup itu susah, tapi tidak ada salahnya kita mulai dari hal yang paling kecil dulu. Misalkan, sarapan atau berolah raga dikit dikit.

Man Wearing Brown Jacket and Using Grey Laptop

Oke yang terakhir nih, kalian pasti sering mendengar tentang virus corona yang sedang membuat heboh hampir seluruh dunia. Dikatakan bahwa virus ini mempunyai symptoms yang mirip dengan sakit flu. Tapi sama dengan penyakit lain nya, jika tidak diobati/ditanggulangi bisa berakibat fatal. Nah untuk menghindari pengertian yang tidak benar, apalagi sekarang di media banyak yang terlampau membesar-besarkan tentang virus ini. Sangat dianjurkan jika sobat harvest menyempatkan diri untuk membaca statement resmi dari pemerintah Australia di https://www.health.gov.au/health-topics/novel-coronavirus-2019-ncov.

Hal ini sangatlah penting di karenakan banyaknya histeria dimana-mana tentang virus ini. Memang kita ga boleh menganggap enteng, tetapi kita juga harus memastikan untuk menggunakan akal sehat dalam menanggapi hal ini.

Ok sobat harvest, sampai sekian dulu. Kami harap post ini bisa membantu anda di Melbourne ini. Dan jika ada tips atau tanggapan, atau mau sekedar kasih salam manis (aih najong hehehe), monggo (bahasa perancisnya), silaken tinggalkan komentar, karena komentar anda sangat sangat berarti sekali bagi kami.

Harvest Grocery
23 Malcolm St, South Yarra VIC 3141
(03) 8579 0321
Instagram: @harvest.asian.grocery
Facebook: Harvest Asian Grocery